Just another free Blogger theme

Website ini memuat Tulisan, Refleksi, Katekese, dan Renungan dari Katekis Ingatan Sihura. Website ini kemudian merupakan bagian dari memaksimalkan media yang ada menjadi sarana pewartaan. Semoga bermanfaat. Ya'ahowu!

27/04/2021

 Tata Cara

Penerimaan Sakramen Pengakuan Dosa

*================================================*

 


                 Memasuku kamar pengakuan kemudian berlutur dan berkata:

Anak      : Ya Bapa, Berkatilah saya orang berdosa ini.

                 Pada saat imam memberi berkat, yang bersangkutan juga ikut membuat tanda salib.

Imam     : Semoga Tuhan menerangi hatimu dan memberikan kepadamu pengetahuan yang benar tentang dosa-dosamu dan menganugerahkan belaskasihan-Nya.

                 Dalam † Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Anak      : Amen.

Anak      : Ya Bapa, ini pengakuan dosa saya yang pertama.

                 Dosa-dosa saya adalah: 1, …………. 2.…………. dst.

                          Setelah mengakukan dosa dilanjutkan dengan berkata:

                 Saya menyesal atas semua dosa saya, dan dengan hormat saya minta pengampunan dan penitensi yang berguna bagi saya.

                         Setelah itu, imam akan memberikan penitensi.

Imam     : Anakku yang terkasih …….dst……

                 Anakku yang terkasih, saat kembali ke tempat duduk, doakanlah doa ………

                          Setelah itu, imam akan memberkati:

Imam     : Allah, Bapa yang maha murah telah mendamaikan dunia dengan diri-Nya dalam wafat dan kebangkitan Putra-Nya. Ia telah mencurahkan Roh Kudus demi pengampunan dosa. Dan berkat pelayanan Gereja, Ia melimpahkan pengampunan dan damai kepada orang yang bertobat. Maka saya melepaskan saudara dari dosa-dosa saudara,

                 dalam † Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

                          Pada saat imam memberi berkat pengampunan, anak juga ikut membuat tanda salib.

Anak      : Amen.

                 Setelah pulang ke bangku, anak mendoakan doa yang telah dipesankan oleh imam.

 

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar